Kurikulum Program Studi S-2 Teknologi Pendidikan disusun berdasarkan relevansi dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, yang mendorong terbentuknya kompetensi lulusan sesuai dengan standar capaian pembelajaran yang dirumuskan Dikti. Sejalan dengan visi dan misi yang telah ditetapkan, kurikulum S-2 Teknologi Pendidikan disusun dengan mengacu pada level 8 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Pada level tersebut, kurikulum diharapkan melahirkan lulusan yang menguasai filosofi keilmuan pada ranah pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu pendidikan, rumusan CPL juga telah disesuaikan untuk memuat kemampuan yang diperlukan dalam era industri 4.0. 

Penyesuaian CPL dan profil lulusan didasarkan atas hasil rekonstrusi kurikulum program studi S2 Teknologi Pendidikan dengan melibatkan Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS-TPI) Wilayah Jawa Tengah & DIY pada Sabtu, 02 November 2019 di Gedung Pascasarjana UNS yang menghadirkan Tim Pengembang Kurikulum S2 Teknologi Pendidikan, Dr. Uwes A Chaeruman, M.Pd. (Pembina APS-TPI), Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. (Guru Besar Teknologi Pendidikan UNS) serta dosen-dosen yang tergabung dalam APS-TPI se-Jateng & DIY. (berita selengkapnya dimuat disini).

Pada bagian ini akan disampaikan informasi mengenai Profil lulusan program studi S2 Teknologi Pendidikan, Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) serta Mata Kuliah.

 

Profil Lulusan Program Studi

No Profil Deskripsi Profil
1 Pengembang teori aplikasi teknologi pendidikan berdasarkan kawasan teknologi pendidikan di era digital untuk membentuk literasi teknologi, literasi data dan literasi manusia

Adalah orang yang mempunyai keahlian dalam bidang pengembangan teori aplikasi pembelajaran berdasarkan kawasan teknologi pendidikan di era digital untuk membentuk literasi teknologi, literasi data dan literasi manusia.

2 Pengembang program pendidikan dan pelatihan (diklat) dengan pendekatan teknologi kinerja. Orang yang memiliki keahlian sebagai konsultan program pendidikan dan pelatihan (diklat) dengan pendekatan teknologi kinerja
3 Pengembang kurikulum, pembelajaran & sumber belajar melalui pendekatan interdisipliner/ multidisipliner. Adalah orang yang mempunyai keahlian dalam bidang mengembangkan kurikulum, pembelajaran  & sumber belajar melalui pendekatan interdisipliner/ multidisipliner
4 Peneliti pengembangan teknologi pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mendapat pengakuan nasional maupun internasional Adalah orang yang mempunyai keahlian dan kemampuan melakukan penelitian di bidang pengembangan teknologi pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mendapat pengakuan nasional maupun internasional

Berdasarkan Profil lulusan tersebut, maka dirumuskan capaian pembelajaran Program Studi S2 Teknologi Pendidikan adalah dimilikinya kemampuan dalam hal:

Capaian Pembelajaran

No. Kemampuan
1. Mampu mengembangkan teori aplikasi teknologi pendidikan berdasarkan kawasan teknologi pendidikan di era digital untuk membentuk literasi teknologi, literasi data dan literasi manusia
2. Mampu mengembangkan program pendidikan dan pelatihan (diklat) dengan pendekatan teknologi kinerja
3. Mampu mengembangkan kurikulum, pembelajaran & sumber belajar melalui pendekatan interdisipliner/ multidisipliner
4. Mampu melakukan penelitian pengembangan teknologi pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mendapat pengakuan nasional maupun internasional

Jadwal Mata Kuliah Program Studi s2 Teknologi Pendidikan

  • Semester 1

  1. Filsafat Ilmu – (Science Philosophy)
  2. Metode Penelitian Kuantitatif dan RnD – (Quantitative and Developmental Research Methodology)
  3. Metode Penelitian Kualitatif – (Qualitative Research Methodology)
  4. Statistik – (Statistics)
  5. Pendekatan Sistem – (System Approach)
  6. Landasan Teknologi Pendidikan – (Educational Technology Base)
  7. Desain Sistem Pembelajaran – (Instructional System Design)
  8. Kajian dan Evaluasi Kurikulum – (Study and Curriculum Development)
  9. Difusi dan Inovasi Pendidikan – (Educational Diffusion and Innovation)
  10. Pengembangan Media Pendidikan – (Educational Media Development)

  • Semester 2

  1. Pengembangan Bahan Ajar – (Learning Resources Development)
  2. Teknologi Komunikasi Pendidikan – (Educational Communication Technology)
  3. Teori dan Model Pembelajaran – (Learning Theory and Model)
  4. Evaluasi Belajar dan Pembelajaran – (Teaching and Learning Evaluation)
  5. Manajemen Sistem Kepelatihan – (Training System Management)
  6. Teknologi Kinerja – (Performance Technology)
  7. Seminar dan Ujian Proposal Tesis (Thesis Proposal Seminar)

  • Additional Courses (optional) – on Semeseter 2

  1. Implementasi dan Pengembangan Belajar Mandiri Berbasis Mobile – (Implementation and Development of Independence Learning (assisted by Mobile Technology))
  2. Model Pembelajaran Berbasis Multimedia – (Multimedia-based Learning Model)
  3. E-Learning and Online Learning

  • Semester 3 & 4

  1. Penilaian Artikel Ilmiah yang Diseminarkan – (Assessment of Scientific Articles)
  2. Seminar Hasil Riset dan Naskah Publikasi – (Seminar on Research Results and Publication)
  3. Ujian Tesis (Thesis Examination)
Unduh Jadwal Kuliah Disini (Feb – Juli 2021)