gambar: https://www.kemdikbud.go.id

Surakarta -, Tahun ini, Hari Pendidikan Nasional jatuh pada hari Minggu, 02 Mei 2021. Meskipun dalam periode waktu akhir pekan, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan – Riset dan Teknologi (Kemdikbud-Ristek) mengeluarkan surat Edaran Mendikbud Nomor: 27664/MPK.A/TU.02.03/2021 yang berisi mengenai himbauan pelaksanaan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, dimana Kemdikbud-Ristek RI akan menyelenggarakan upacara secara tatap muka, terbatas dan minimalis dengan memperhatikan protokol kesehatan yang sangat ketat pukul 08.00 WIB. Himbauan tersebut juga berlaku bagi instansi pendidikan pusat, daerah maupun luar negeri yang wilayahnya termasuk dalam zona hijau atau kuning diperkenankan melaksanakan peringatan upcara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021 secara tatap muka, terbatas – minimalis serta memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Sementara bagi yang wilayahnya termasuk dalam kategori zona oranye atau merah dihimbau untuk mengikuti jalannya upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021 secara daring melalui kanal Youtube Kemendikbud RI atau saluran TV edukasi.

Hari Pendidikan Nasional 2021 mengangkat tema “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”. Merdeka Belajar sendiri merupakan tema besar dari kebijakan – kebijakan yang selama ini diimplementasikan dalam lingkup pendidikan. Besar harapan untuk “Merdeka Belajar” dapat memberikan dampak menciptakan lingkungan pendidikan, lingkungan belajar yang dinamis, aktif dan konstruktif sehingga tercipta sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan adaptif dalam menghadapi tantangan.

Kami segenap tim website dan Program Studi S2 Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2021, “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”.