[smartslider3 slider=”5″]

Sebanyak 20 dosen mengikuti pelatihan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan (SPADA) yang digelar oleh Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Pelatihan yang digelar di Ruang Sidang Gedung G Pascasarjana Kependidikan, Selasa (20/8/2019) ini merupakan bentuk upaya peningkatan pembelajaran berbasis Daring dan Blended Learning. Pelatihan yang dipandu langsung oleh Ketua Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Dr. Triana Rejekingsih, M.Pd, ini menargetkan setiap mata kuliah di program studi memiliki kelas online atau daring.

Program yang diagendakan berlangsung selama sehari ini dibagi dalam beberapa sesi, yang pertama adalah pemberian materi dasar perihal Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) UNS, pembuatan kelas daring untuk setiap mata kuliah, kemudian menyusun aktifitas belajar secara daring. Pemanfaatan SPADA diharapkan mampu menjadikan kegiatan pembelajaran lebih variatif dan mengakomodir kebutuhan pembelajaran mandiri oleh mahasiswa. Usai pelatihan, para dosen diminta sudah memiliki kelas daring, dan untuk tahap selanjutnya dosen diharapkan membuat aktifitas belajar daring menggunakan fitur yang dimiliki SPADA UNS.

Fitur yang dimiliki SPADA UNS yang merupakan pengembangan dari e-learning UNS kini memungkinkan tidak hanya aktifitas pembelajaran namun juga melakukan rapat online karena sudah dilengkapi dengan fitur video conference dan fitur lainya. Pada dosen diharapkan memanfaatkan fitur-fitur tersebut untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa.